Sabtu, 29 Agustus 2015

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU/ANGIN

Pembangkit listrik tenaga angin adalah suatu pembangkit listrik yang menggunakan angin sebagai sumber energi untuk menghasilkan energi listrik.  Sistem pembangkitan listrik menggunakan angin sebagai sumber energi merupakan sistem alternatif yang sangat berkembang pesat, mengingat angin merupakan salah satu energi yang tidak terbatas di alam.


Yang Perlu Diamati Sebelum Membangun PLTB
  •      Kebanyakan kecepatan angin yang diukur sta pengamatan hanya pada ketinggian standard WMO yaitu 10 meter di atas permukaan tanah.

  •      Sistem konversi energi angin (SKEA) membutuhkan kecepatan angin yang tinggi agar menghasilkan energi yang optimum.

  •      Semakin tinggi suatu ketinggian maka akan semakin tinggi pula kecepatannya, oleh karena itu diperlukan data kecepatan angin yang lebih tinggi dari 10 meter di atas permukaan tanah.

  •      Untuk mengetahui kecepatan angin di beberapa ketinggian tanpa melakukan pengukuran di beberapa ketinggian tersebut secara langsung dapat menggunakan profil angin.



Bagian - bagian Pembangkit Listrik Tenaga Bayu :

1. Kincir Angin
2. Gear Box
3. Brake System
4. Generator
5. Penyimpan Energi
6. Tower

SISTEM KELISTRIKAN PLTB :

1. Kecepatan Konstan

Sistem ini biasanya menggunakan generator tak-serempak (unsynchronous generator), dan cocok diterapkan pada daerah yang memiliki potensi kecepatan angin yang besar.

Sistem PLTB kecepatan konstan (fixed-speed)


2. Kecepatan Berubah (Variable speed)

Pada sistem variable speed menggunakan generator induksi rotor belitan. Karakteristik kerja generator induksi diatur dengan mengubah-ubah nilai resistansi rotor, sehingga torsi maksimum selalu didapatkan pada kecepatan putar turbin berapa pun. Sistem ini lebih aman terhadap perubahan beban mekanis secara tiba-tiba, terjadi reduksi pulsating power menuju grid dan memungkinkan memperoleh daya maksimum pada beberapa kecepatan angin yang berbeda. Sayangnya jangkauan kecepatan yang bisa dikendalikan masih terbatas.


Gambar Sistem PLTB kecepatan berubah (variable-speed) (rotor belitan)


Gambar Sistem PLTB kecepatan berubah (variable-speed back to back conventer) 

Gambar Sistem PLTB kecepatan berubah (variable-speed)  (rotor sangkar)

Gambar Sistem PLTB kecepatan berubah (variable-speed) (rotor permanen magnet) 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar